Sejarah SMK PGRI Tanjung Raja

SEJARAH SINGKAT SMK PGRI TANJUNG RAJA

Pada tahun Pelajaran 1984 / 1985, atau tepatnya pada bulan Juli Tahun 1984, pertama berdirinya SMK PGRI Tanjung Raja OKI, dengan Nama STM YPLP PGRI Tanjung Raja, yang dibidani oleh guru dan pegawai ST. Negeri Tanjung Raja, OKI bersama sama dengan pengurus anak cabang (PAC) PGRI Kecamatan Tanjung Raja OKI dan Pengurus YPLP PGRI PD.Tk.II dan direstui oleh PGRI PD Tk.I Sumatera Selatan.
Dengan Visi dan Misi Sebagai Berikut :

  1. Untuk membantu orang tua siswa yang kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan anaknya pada Sekolah Menengah Kejuruan.
  2. Membuka kesempatan bagi Tenaga Pendidik yang belum mempunyai kesempatan menjadi PNS
  3. Untuk meningkatkan kesejahteraan Guru dan Pegawai ST. Negeri Tanjung Raja
Pada tahun pertama dimulainya proses Kegiatan Belajar dan mengajar yaitu,Tahun Pelajaran 1984 / 1985, dimana kegiatan belajar mengajar bertempat di Gedung SD Negeri I Tanjung Raja, tepatnya depan kantor Camat Tanjung Raja, dan kegiatan Proses Belajar Mengajar dilaksanakan pada jam 13.00 s/d17.00. Dengan jumlah Tenaga Pengajar Sebanyak 18 Orang, dan Pegawai Tata Usaha 3 Orang. Dengan jumlah siswa 77 Orang, yaitu laki-laki : 73 Orang, Perempuan : 4 Orang, yang terdiri 2 Program study Yaitu :
  1. Program Studi : Mekanik Umum ( Mesin Tenaga ) = 1 Kelas.
  2. Program Studi : Bangunan Gedung ( Bangunan ) = 1 Kelas.
Dengan besar uang SPP dan uang praktek sebesar Rp. 4000,-/Siswa. Dengan menggunakan peralatan
Praktek yang ada pada ST Negeri Tanjung Raja, OKI. Dengan pelaksanakan KBM menggunakan  kurikulum tahun 1984.
Seiring dengan berjalan proses belajar mengajar, pada tanggal 17 Desember 1985 mendapat persetujuan sekaligus disahkan oleh Bapak Kakanwil Depdikbud Prop.SS dengan surat keputusan Nomor : 135 / I.11.2.B.F4C / 1985 dengan status tercatat.  Oleh karena sesuatu dan lain hal, ,maka pada tahun kedua yaitu tahun pelajaran 1985/9186 kegiatan belajar mengajar STM YPLP PGRI Tanjung Raja OKI dilaksanakan pada gedung ST Negeri Tanjung Raja OKI, Sejalan dengan perpindahan lokasi belajar, maka dilaksanakan pula pergantian Kepala Sekolah , yaitu oleh Bapak Kartin Tiar.
Pada tahun pelajaran 1985 / 1986 mendapatkan siswa baru dengan jumlah 82 siswa. Yang terdiri dari laki-laki :76 orang dan perempuan : 6 orang.
Pada tahun pelajaran 1986 / 1987 dilaksankan EBTA/EBTANAS yang perdana, pelaksanaan EBTANAS tsb menginduk pada sekolah ( STM YPT ) Palembang, dengan jumlah peserta ujian sebanyak 69 orang siswa, yang terdiri dari 2 program studi, yaitu : Mekanik umum dan bangunan Gedung dengan keberhasilan 100 %.
Pada Tahun pelajaran 1990 / 1991, Kegiatan Belajar Mengajar pada gedung ST Negeri tanjung Raja OKI Berakhir.
Pada tahun 1991 / 1992 lokasi Kegiatan Belajar dan Mengajar STM  YPLP PGRI Tanjung Raja OKI, Menempati gedung milik YPLP PGRI yang pernah ditempati oleh SPG  YPLP Tanjung Raja, tepatnya di Depan Lembaga Permasyarakatan (LP) Tanjung Raja, dengan jarak tempuh dari terminal Tanjung Raja +- 200 Meter.
Sejak Tahun Pelajaran 1991/1992, STM YPLP PGRI Tanjung Raja OKI, dipimpin Oleh Bapak Syamsuar Sui,BE. Dan kegiatan belajar mengajar masih dilaksanakan  siang ,dari jam 13.00s/d 17.00 wibb. Dengan jumlah siswa  antara 200 s/d 250 orang teridri dari :
  1. Tk. I  : Program Study Mekanik umum         
  2. Tk.II : Program Study Bangunan Gedung    
  3. Tk.II  :Program Stdy Mekanik Umum       
  4. Tk.III:Program Stdy Bangunan Gedung       
  5. Tk.III:Program Study Mekanik Umum         
2 Kelas
1 Kelas
1 Kelas
1 Kelas
1 KelaS
Jumlah 6 Kelas
                                              
Pada tahun pelajaran 1992/1993 untuk program studi bangunan gedung adalah peserta EBTA/EBTANAS yang terakhir dengan jumlah peserta sebanyak 18 orang dan berhasil 100?n pada tahun pelajaran 1993/1994 program studi bangunan gedung ditutup, dikarenakan animo masyarakat berkurang untuk memilih program studi : bangunan gedung ini dan pada tahun pelajaran 1993/1994 program studi yang ada pada STM PGRI Tanjung Raja hanya program studi : mekanik Umum (mesin) dengan jumlah kelas 6 Ruangan terdiri dari :
TK I    = 2 Kelas
TK II   = 2 Kelas
TK III = 2 Kelas
Dengan Jumlah siswa diatas 240 Orang.
Pada tahun pelajaran 1994/1995 atas kebijakan pemerintah STM YPLP PGRI dirubah menjadi SMK PGRI kelompok Teknologi & Industri dengan jurusan Mesin Tenaga Program Studi Mekanik Umum, semenjak Tahun pelajaran 1994/1995 ini juga SMK PGRI Tanjung Raja mengalami perkembangan yang semakin pesat, dan sekaligus menggunakan kurikulum yang baru yaitu kurikulum Tahun 1994.
Atas kerja keras dari warga / perangkat sekolah maka grafik PSB SMK PGRI Tanjung Raja mengalami peningkatan yang cukup berarti dikarenakan minat masyarakat semakin meningkat, untuk mendaftarkan anaknya pada sekolah kejuruan khususnya jurusan Mekanik Umum ( mesin ). Pada tahun pelajaran 1998/1999 pemakaian kurikulum tahun 1994 berakhir dan pada tahun pelajaran 1999/2000 SMK PGRI Tanjung Raja menggunakan kurikulum tahun 1999 yang sekaligus berbarengan dengan pergantian Kepala Sekolah yaitu Bapak Syamsuar Sui, BE digantikan oleh Sdr. Agus Sudono, S.Pd atas persetujuan dari YPLP PGRI Dati II OKI dan YPLP PGRI Dati I Sumsel.
Adanya berbagai perubahan pada SMK PGRI Tanjung Raja OKI animo masyarakat semakin melonjak & meningkat, serentak dengan perubahan status dari tercatat menjadi diakui pada tahun 2000/2001, sampai pelaksanaan PSB menolak peminatnya dengan cara diadakan seleksi PSB tersebut karena kekurangan ruangan belajar atau masih minimnya sarana & prasarana yang dimiliki oleh sekolah, yang ada pada SMK PGRI Tanjung Raja hanya 6 ruangan, sedangkan jumlah siswa TK I, TK II & TK III sampai mencapai + 550 orang siswa.
Ini merupakan harapan yang telah diprogramkan  oleh SMK PGRI Tanjung Raja untuk berdiri sejajar dengan sekolah-sekolah lain yang berada khususnya pada Kabupaten OKI. Disini juga sekaligus tantangan sudah menanti misalnya
Dengan peningkatan status berarti kualitas dari SMK PGRI Tanjung Raja lebih ditingkatkan lagi terutama ketercapaian kurikulum, ketuntasan belajar, analisis penggayaan, analisis perbaikan, melaksanakan perawatan dan perbaikan alat-alat praktek secara bertahap dan berkelanjutan,dan yang tidak kala pentingnya untuk meningkatkan kemampuan para guru dan pegawai untuk mengusai Teknologi imformasi Komputer, guna menunjang dan meningkatkan mutu output SMK PGRI Tanjung Raja, untuk ketercapaian hal tersebut perlu perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tepat dan pengawasan yang ketat. Sehubungan dengan hal tersebut bahwa alumni SMK PGRI Tanjung Raja dari tahun 1984/2016 ( + 32 Tahun keberadaan SMK ini ) sudah mencapai  + 3333 orang alumni, yang dapat terjaring pada berbagai sektor untuk memenuhi tenaga kerja baik pada sektor dunia industri / dunia kerja dengan berbagai macam profesi, skill dan keterampilan diantaranya sebagai berikut :
  1. Menjadi Tenaga Kerja dalam dan luar negeri
  2. TNI dan POLRI
  3. Wiraswasta / Wirausaha
  4. Dan tidak sedikit di angkat menjadi PNS / ASN

Demikian kilas balik dari SMK PGRI Tanjung Raja sejak tahun 1984 sampai dengan 2016 yang dapat kami uraikan secara singkat, mudah-mudahan dengan kilas balik ini akan memacu kita untuk lebih meningkatkan keberadaan SMK ini dimasa-masa yang akan datang, atas dukungan semua pihak diucapkan terima kasih.

Keterangan Album

  • Judul: Sejarah Sekolah
  • Publish: Kamis, 9 Juni 2022 08:52:49
  • Uploader: ANDI MASHURI
  • Dilihat: 1957 kali dilihat

Keterangan Album

Sejarah SMK PGRI Tanjung Raja